PISA 2022 SMA IT Bina Umat

SMA IT Bina Umat mengikuti Programme for International Student Assesment (PISA) 2022 pada Kamis (27/05). PISA merupakan studi penilaian tingkat internasional yang diselenggarakan oleh OECD untuk mengevaluasi sistem pendidikan di dunia dengan mengukur performa akademik pelajar sekolah berusia 15 tahun pada bidang matematika, sains, dan kemampuan membaca. Studi penilaian ini dilaksanakan tiga tahun sekali. Seharusnya, PISA diselenngarakan tahun 2021. Namun kasus covid-19 yang meningkat pada saat itu maka pelaksanaan PISA diundur menjadi awal tahun 2022.

Jumlah peserta didik yang mengikuti PISA adalah 42 peserta didik kelas X. Peserta didik dibagi menjadi dua ruang dengan masing-masing berjumlah 21 peserta didik  tiap ruang. Materi yang diujikan berupa Literasi membaca, Literasi Sains, Literasi Numerik, dan berpikir kritis. Adapun waktu yang disediakan adalah 150 menit yang terbagi 30 menit untuk pengarahan puspendik dan pengantar uji PISA, 60 menit untuk sesi 1 dan 60 menit untuk sesi 2.

Dalam rangka menyiapkan peserta didik menghadapi PISA, pihak sekolah sudah melakukan serangkaian kegiatan. Diantaranya yakni mengikutsertakan Kepala Sekolah, guru Bahasa Indonesia, matematika, dan IPA serta proktor dan teknisi untuk mengikuti Bimtek PISA. Selain itu, simulasi PISA juga dilakukan untuk memberikan pemahaman dan juga bekal agar peserta didik dapat melaksanakan PISA dengan lancar dan hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.